Saturday, October 8, 2011

Filosofi Warna Hitam

By: Denny Maulana Mardiyani


Filosofi Warna Hitam


Melambangkan arti kehidupan yang solid, keras, jantan, misterius namun ada juga nuansa kematian yang terkandung didalam arti warna Hitam.
Hitam juga melambangkan Power, Seksualitas, Kecanggihan, Kematian, Misteri, Ketakutan, Kesedihan, Keanggunan Melambangkan kematian dan kesedihan di budaya Barat.
Sebagai warna Kemasan, Hitam melambangakan Keanggunan (Elegance), Kemakmuran (Wealth) dan Kecanggihan (Sopiscated)

Jauh sebelum zaman berkembang.., atau tepatnya pada tahun 558 SM, ada seorang filusuf dari Persia yang juga pernah belajar bersama seorang guru besar bernama Phytagoras,pernah mengemukaan pendapatnya.., bahwa “Hitam itu bukanlah warna melainkan Suasana”. Mengapa demikain..?
“Karna hitam itu adalah keadaan yang pekat.., buta dan tak berwarna, ketika hitam datang maka tak ada warna lain yang dapat mendekatinya kecuali cahaya, dan cahaya yang dihasilkan juga bukanlah hasil dari sebuah proses melainkan pencerminan kontras dari hitam itu sendiri. Jadi hitam itu bukanlah warna melainkan suasana.
“Zarathustra”
Wew.., maksudnya apa ya…?? Memang agak membingungkan.., tapi jika kita mau sedikit membuka diri saya yakin akan memahami makna yang terkandung di dalam gubahan tersebut.

Menurut Teori mungkin begini maksud beliau.., pejamkan lah mata mu selama satu menit.., lalu dibantu kedua tanganmu untuk menutupi rapat kedua mata mu..,apa yang kamu lihat..?

“Hitam..,gelap.., tapi lama-lama seperti ada cahaya yang dihasilkan dari kontras hitam itu sendiri”. Masih tak percaya.., sekarang tanyakan saja kepada orang yang buta.., dan jawabannya pasti sama..Hitam itu bukanlah warna melainkan suasana..

Akan tetapi jika menurut seorang filusuf akan berbeda lagi, “Keadaan dimana kita tak mengerti tentang sesuatu hal atau dengan kata lain hitam melambangkan sebuah kesalahan maka kesalahan yang membawa kita menuju kebenaran”. 

Yang dimaksud beliau akan sebuah kesalahan yang membawa kita menuju titik terang Yaitu “Takdir itu sendiri..,yang datang dengan perlahan-lahan menghampiri hidup kita.., karena pencerminan apa yang kita lakukan saat ini untuk masa depan”. 

Maka terbukti apa yang beliau katakan… “ketika hitam datang maka tak ada warna lain yang dapat mendekatinya kecuali cahaya, dan cahaya yang dihasilkan juga bukanlah hasil dari sebuah proses melainkan pencerminan kontras dari hitam itu sendiri. 
Jadi hitam itu bukanlah warna melainkan suasana.

0 comments:

Post a Comment