Sunday, October 2, 2011

Pengalaman berharga menjadi HRD Manager


Saya jadi teringat masa-masa ketika menghadapi karyawan yg saya pecat karena mencuri pada waktu saya baru menjabat sepuluh hari di perusahaan tsb. ybs mengatakan "ibu pendatang di sini, nggak sayang nyawa, ya? tidak tahu ya saya asli orang sini yg bisa mengerahkan orang utk mengeroyok ibu ketika pulang kantor nanti..."


Waduh! ngeri juga...tetapi saya berusaha tidak panik dan mengatakan bahwa "saya hanya menjalankan prosedur”. Seandainya saya melakukan hal yg sama dgn yg dilakukannya maka saya juga akan kena sanksi yg sama. sanksi manusia lebih baik daripada sanksi dari Yang Maha Kuasa. saya serahkan seluruh hidup saya hanya kepada-NYA."


Ybs tetap belum dpt menerima dan secara persuasif saya "mengantarkannya" pulang ditemani dua orang security utk menemui istrinya. ternyata sang istri sedang hamil tua dan membutuhkan banyak biaya. saya mengatakan bahwa saya akan menyampaikan keadaan ini kpd manajemen jika ybs bersedia "keluar dgn baik2". dan akhirnya permasalahan dpt terselesaikan dgn baik.


Sepuluh tahun kemudian, di perusahaan yg berbeda, saya menghadapi hal yg hampir sama hanya bedanya si karyawan "membawa seseorang dengan sarung pistol di pinggang". persoalan dpt diselesaikan dgn cara santun juga dan saya katakan kepada orang tsb "saya lebih menghargai dan menghormati anda dan menerima anda di kantor kami jika tanpa pistol di pinggang anda."
So, jangan pernah takut jika anda benar. tuhan pasti memberkati orang benar dgn cara yg benar dan tujuan yg benar.


Dari Teman di HRM Clubfv farida


Sent by: Agustinus Zeno Yonadi, SH
HRD Manager PT Harita Prima Abadi Mineral 

0 comments:

Post a Comment